contoh makalah bahasa sunda - @ngKARA -->

contoh makalah bahasa sunda

Dalam melakukan komunikasi setiap hari, orang Sunda memiliki bahasa daerah sendiri, yaitu Bahasa Sunda. Bahasa Sunda adalah bahasa cabang Melayu-Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia. Tak diketahui kapan bahasa ini lahir, namun ada bukti tertulis yang merupakan keterangan tertua, yakni prasasti abad ke-14 yang ditemukan di Kawali, Ciamis. Ditulis pada batu alam dengan aksara dan bahasa Sunda (kuno).

    Budaya Sunda dikenal dengan budaya yang sangat menjunjung tinggi sopan santun. Pada umumnya karakter masyarakat Sunda adalah periang, ramah-tamah (soméah, seperti dalam falsafah soméah hadé ka sémah), murah senyum, lemah-lembut, dan sangat menghormati orang tua. Itulah cermin budaya masyarakat Sunda.

Makalah
"Kalestarian Leuweung"

    Sebuah makalah tidak harus di tulis dengan memakai bahasa resmi atau bahasa yang di pakai oleh sebuah Negara penulisan makalah bisa juga memakai dengan bahasa Daerah dan di bawah ini adalah Contoh makalah bahasa sunda ataubahasa daerah Jawa Barat dengan judul "Kaletarian Leuweung"



KECAP PANGANTEUR

    Tujuan Masalah Tujuan pembuatan makalah ini yaitu untuk mengetahui semua ... Sebagai contoh paling jelas, bahasa Sunda yang merupakan bahasa Sunda ... Hatur nuhun ka Bapa Guru Basa Sunda nu mana parantos masihan kasempetan ... Contoh Proposal Skripsi Pgsd.
Puji sinareng syukur urang ronjatkeun kehadirat Alloh SWT anu tos masihan rahmat sarta karunia-na kaurang sadaya anu alhamdulilah tiasa ngarengsekeun ieu Makalah dinawaktuna anu di judulan "KALESTARIAN LEWEUNG" Makalah ieu eusina ngeunaan kumaha sangkan nonoman cara ngajaga kalestarian leweung .
Diharepkeun Makalah ieu tiasa masihan informasi ka urang sadayana ngeunaan kumaha sangkan masarakat sadar pentingna ngajaga kalestarian leweung téh,makalah ieu jauh kénéh ti sampurna,kualatan éta kritik sarta saran ti sadayana pihak anu sifatna ngawangun abdi sareng rerencangan ngantosan usulana demi kasampurnaan makalah ieu.Ahir kecap, hatur nuhun. Mugi Alloh SWT ngaridoan sagala usaha urang.Amin.


penulis

Daftar Eusi

Kecap Panganteur
Daftar Eusi

BAB 1 BUBUKA
A. Kasang tukang
B. Tujuan

BAB 2 EUSI
A. Cara Ngajaga Kasehatan
B. Nyegah Panyakit
C. Pola Makan Anu Bener

BAB 3 PANUTUP
A. Kacindekan
B. Saran




BAB 1 BUBUKA

A.Kasang Tukang
Leweung teh mangrupakeun bagean anu penting kanggo kalangsungan hirup makhluk bumi anu ku urang kedah dijaga kalestarianna.Tapi,ayeuna mah Leweung anu masih keneh leubeut teh tos mulai ngurangan,ku lantaran geus loba di pake perumahan,lahan pertanian,lahan industri,penebangan liar,jeung sajabana.Terutami leweung anu aya di pulau Jawa.Kusabab kitu,leweung teh kedah dijaga kalestarianna kanggo kalangsungan hirup anak incu urang jaga.

B.TUJUAN

Tujuan dijieunnna ieu makalah teh pikeun mikawanoh:
1.Cara ngalestaikeun leweung
2.Kaayaan leweung di Indonesia kiwari
3.Kumaha sangkan leweung teh henteu dugi ka gundul anu ahirna nyebabkeun banjir,longsor, jeung sajabana.


BAB 2
EUSI

A.PENGHIJAUAN

    Ayeuna mah leweung teh geus teu siga baheula deui anu masih keneh hejo leubeut ku dangdauanan.Jadi,supados henteu nepika gundul,carana teh urang ngalakukeun penghijauan lahan anu gundul.Cara na, teu kudu jauh-jauh melak tatangkalan di leweung anu ges gundul,minimal urang diajar heula melak tatangkalan di buruan imah,atawa di sakola.Tos kitu urang jaga bener-bener.Sabab urang teh mangrupakeun makhluk hirup anu butuh udara seger kanggo bernapas,jadi supados urang tiasa menikmati udara seger,urang kudu melak tatangkalan anu ngahasilkeun oksigen kanggo urang napas.Salian ti eta,melak tatangkalan di buruan imah oge tiasa nambihan kaendahan imah urang,jadi katinggalna hejo sareng iuh ku tatangkalan.


B.PENEBANGAN LEWEUNG
    Leweung anu ayeuna henteu siga baheula teh,kusabab ayeuna loba penebangan liar anu dilakukeun ku pihak anu teu bertanggung jawab.kai di leweung di tebang kanggo di jadikeun bahan industri,bahan kerajian,bahan mebel,jeung sajabana.Sangges di tebang,lahan anu tos gundu teh diantepkeun bae,henteu di pelakan deui.Upami terus di antep,lila-lila leweung teh bakal beuki ngurangan atawa bisa nepi ka punah.
Salain ti eta,upami leweung gundul teh,bisa nyebabkeun bencana banjir atawa longsor anu ngabahayakeun jalma.
Kusabab kitu,penebangan liar anu henteu paduli ka kalestarian leweung teh kudu di berantas kanggo kalangsungan hirup urang sadaya.


C.KAAYAAN LEWEUNG DI INDONESIA
    Leweung di Indonesia,terutam di pulau Jawa anu padat pendudukna beuki dieu beuki ngurangan lantaran seeur di anggo lahan pertanian,perumahan,jeung sajabana.
Salian ti eta,seeur oge leweung anu tatangkalan na di tuar anu kai na di anggo bahan industri,teran henteu di pelakan deui saparantos di tuar teh.Akibatna,bisa nyebabkeun banjir,longsor,pemanasan global,jeung bencana alam anu sejen.

BAB 3

PANUTUP


A.Kacindekan
    Jadi,urang kudu ngajaga kalestarian leweung kanggo kalangsungan hirup sakumna makhluk bumi,urang ulah nepi ka ngantepkeun leweung terus di tuaran nepi ka gundul atawa nepi ka punah.Carana tiasa urang lakukeun tnu hal anu alit di kahirupan urang sapopoe.

B.SARAN

    Kanggo sadayana,hayu urang sasarengan ngajaga kalestarian hutan,di awalan ku hal-hal alit dinu kahirupan urang.Sareng kanggo pihak-pihak anu ngamanfaatkeun tatangkalan di leweung supados melakan deui lahan nu gundul saparantos di tuar teh,ulah nepi ka di antep dina kaayaan anu gundul.

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat, hidayah serta inayah-Nya kelompok kami dapat menyelesaikan penelitian ilmiah dengan judul “Budaya Wayang Golek Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia”. Wayang golek merupakan salah satu produk budaya jawa barat, dari beberapa pengrajin wayang golek salah satu pengrajin yang popular adalah di jelekong. Tepatnya di Desa Bale Endah, Kecamatan Bale Endah, Kabupaten Bandung. Semoga dengam membaca makalah ini, membuat para pembaca lebih mengemal dan mencintai budayanya sendiri di bandingkan dengan budaya negara lain. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini, kritik dan saran sangat kami nantikan agar dapat menyusun makalah yang lebih baik lagi dan lebih bermanfaat.


Bandung, 7 Maret 2015 Penulis


Makalah tentang Wayang Golek



BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Wayang dikenal sejak zaman prasejarah yaitu sekitar 1500 tahun sebelum Masehi. Masyarakat Indonesia memeluk kepercayaan animisme berupa pemujaan roh nenek moyang yang disebut hyang atau dahyang, yang diwujudkan dalam bentuk arca atau gambar.

Wayang merupakan seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan wayang telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan sangat berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Ada versi wayang yang dimainkan oleh orang dengan memakai kostum, yang dikenal sebagai wayang orang, dan ada pula wayang yang berupa sekumpulan boneka yang dimainkan oleh dalang. Wayang yang dimainkan dalang ini diantaranya berupa wayang kulit atau wayang golek. Cerita yang dikisahkan dalam pagelaran wayang biasanya berasal dari Mahabharata dan Ramayana.

Pertunjukan wayang di setiap negara memiliki teknik dan gayanya sendiri, dengan demikian wayang Indonesia merupakan buatan orang Indonesia asli yang memiliki cerita, gaya dan dalang yang luar biasa.

Kadangkala repertoar cerita Panji dan cerita Menak (cerita-cerita Islam) dipentaskan pula.

Wayang, oleh para pendahulu negeri ini sangat mengandung arti yang sangat dalam. Sunan Kali Jaga dan Raden Patah sangat berjasa dalam mengembangkan Wayang. Para Wali di Tanah Jawa sudah mengatur sedemikian rupa menjadi tiga bagian. Pertama Wayang Kulit di Jawa Timur, kedua Wayang Wong atau Wayang Orang di Jawa Tengah, dan ketiga Wayang Golek di Jawa Barat. Masing masing sangat bekaitan satu sama lain. Yaitu "Mana yang Isi(Wayang Wong) dan Mana yang Kulit (Wayang Kulit) harus dicari (Wayang Golek)".

B. Rumusan Masalah

1. Bagaimana asal mula adanya wayang golek?
2. Apa saja jenis-jenis wayang golek?
3. Bagaimana cara pembuatan wayang golek?
4. Nilai budaya apa saja yang terkandung dalam kesenian wayang golek?

C. Tujuan

1. Mengetahui sejarah asal mula adanya wayang golek
2. Mengetahui jenis-jenis wayang golek
3. Mengetahui cara pembuatan wayang golek
4. Mengetahui nilai budaya yang terkandung dalam kesenian wayang golek

D. Manfaat

1. Mengenal dan mengapresiasi salah satu budaya tradisional, yaitu seni wayang golek.
2. Meningkatkan kecintaan terhadap kesenian tradisional, terutama yang berasal dari daerah sendi



BAB 2

PEMBAHASAN

A. Sejarah

Asal mula wayang golek tidak diketahui secara jelas karena tidak ada keterangan lengkap, baik tertulis maupun lisan. Kehadiran wayang golek tidak dapat dipisahkan dari wayang kulit karena wayang golek merupakan perkembangan dari wayang kulit. Namun demikian, Salmun (1986) menyebutkan bahwa pada tahun 1583 Masehi Sunan Kudus membuat wayang dari kayu yang kemudian disebut wayang golek yang dapat dipentaskan pada siang hari. Sejalan dengan itu Ismunandar (1988) menyebutkan bahwa pada awal abad ke-16 Sunan Kudus membuat bangun 'wayang purwo' sejumlah 70 buah dengan cerita Menak yang diiringi gamelan Salendro. Pertunjukkannya dilakukan pada siang hari. Wayang ini tidak memerlukan kelir. Bentuknya menyerupai boneka yang terbuat dari kayu (bukan dari kulit sebagaimana halnya wayang kulit). Jadi, seperti golek. Oleh karena itu, disebut sebagai wayang golek.

Pada mulanya yang dilakonkan dalam wayang golek adalah ceritera panji dan wayangnya disebut wayang golek menak. Konon, wayang golek ini baru ada sejak masa Panembahan Ratu (cicit Sunan Gunung Jati (1540-1650)). Di sana (di daerah Cirebon) disebut sebagai wayang golek papak atau wayang cepak karena bentuk kepalanya datar. Pada zaman Pangeran Girilaya (1650-1662) wayang cepak dilengkapi dengan cerita yang diambil dari babad dan sejarah tanah Jawa. Lakon-lakon yang dibawakan waktu itu berkisar pada penyebaran agama Islam. Selanjutnya, wayang golek dengan lakon Ramayana dan Mahabarata (wayang golek purwa) yang lahir pada 1840 (Somantri, 1988).

Kelahiran wayang golek diprakarsai oleh Dalem Karang Anyar (Wiranata Koesoemah III) pada masa akhir jabatannya. Waktu itu Dalem memerintahkan Ki Darman (penyungging wayang kulit asal Tegal) yang tinggal di Cibiru, Ujung Berung, untuk membuat wayang dari kayu. Bentuk wayang yang dibuatnya semula berbentuk gepeng dan berpola pada wayang kulit. Namun, pada perkembangan selanjutnya, atas anjuran Dalem, Ki Darman membuat wayang golek yang membulat tidak jauh berbeda dengan wayang golek sekarang. Di daerah Priangan sendiri dikenal pada awal abad ke-19. Perkenalan masyarakat Sunda dengan wayang golek dimungkinkan sejak dibukanya jalan raya Daendels yang menghubungkan daerah pantai dengan Priangan yang bergunung-gunung. Semula wayang golek di Priangan menggunakan bahasa Jawa. Namun, setelah orang Sunda pandai mendalang, maka bahasa yang digunakan adalah bahasa Sunda.

B. Jenis-jenis Wayang Golek

Ada tiga jenis wayang golek, yaitu: wayang golek cepak, wayang golek purwa, dan wayang golek modern. Wayang golek papak (cepak) terkenal di Cirebon dengan ceritera babad dan legenda serta menggunakan bahasa Cirebon. Wayang golek purwa adalah wayang golek khusus membawakan cerita Mahabharata dan Ramayana dengan pengantar bahasa Sunda sebagai. Sedangkan, wayang golek modern seperti wayang purwa (ceritanya tentang Mahabarata dan Ramayana, tetapi dalam pementasannya menggunakan listrik untuk membuat trik-trik. Pembuatan trik-trik tersebut untuk menyesuaikan pertunjukan wayang golek dengan kehidupan modern. Wayang golek modern dirintis oleh R.U. Partasuanda dan dikembangkan oleh Asep Sunandar tahun 1970--1980.

C. Pembuatan

Wayang golek terbuat dari albasiah atau lame. Cara pembuatannya adalah dengan meraut dan mengukirnya, hingga menyerupai bentuk yang diinginkan. Untuk mewarnai dan menggambar mata, alis, bibir dan motif di kepala wayang, digunakan cat duko. Cat ini menjadikan wayang tampak lebih cerah. Pewarnaan wayang merupakan bagian penting karena dapat menghasilkan berbagai karakter tokoh. Adapun warna dasar yang biasa digunakan dalam wayang ada empat yaitu: merah, putih, prada, dan hitam.

D. Nilai Budaya

Wayang golek sebagai suatu kesenian tidak hanya mengandung nilai estetika semata, tetapi meliputi keseluruhan nilai-nilai yang terdapat dalam masyarakat pendukungnya. Nilai-nilai itu disosialisasikan oleh para seniman dan seniwati pedalangan yang mengemban kode etik pedalangan. Kode etik pedalangan tersebut dinamakan "Sapta Sila Kehormatan Seniman Seniwati Pedalangan Jawa Barat". Rumusan kode etik pedalangan tersebut merupakan hasil musyawarah para seniman seniwati pedalangan pada tanggal 28 Februari 1964 di Bandung. Isinya antara lain sebagai berikut: Satu: Seniman dan seniwati pedalangan adalah seniman sejati sebab itu harus menjaga nilainya. Dua: Mendidik masyarakat. Itulah sebabnya diwajibkan memberi con-toh, baik dalam bentuk ucapan maupun tingkah laku. Tiga: Juru penerang. Karena itu diwajibkan menyampaikan pesan-pesan atau membantu pemerintah serta menyebarkan segala cita-cita negara bangsanya kepada masyarakat. Empat: Sosial Indonesia. Sebab itu diwajibkan mengukuhi jiwa gotong-royong dalam segala masalah. Lima: Susilawan. Diwajibkan menjaga etika di lingkungan masyarakat. Enam: Mempunyai kepribadian sendiri, maka diwajibkan menjaga kepribadian sendiri dan bangsa. Tujuh: Setiawan. Maka diwajibkan tunduk dan taat, serta menghormati hukum Republik Indonesia, demikian pula terhadap adat-istiadat bangsa

BAB 3
PENUTUP


A. Kesimpulan

Wayang dikenal sejak zaman prasejarah yaitu sekitar 1500 tahun sebelum Masehi. Masyarakat Indonesia memeluk kepercayaan animisme berupa pemujaan roh nenek moyang yang disebut hyang atau dahyang, yang diwujudkan dalam bentuk arca atau gambar.

Wayang merupakan seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan wayang telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan sangat berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Dilihat dari sudut pandang terminologi ada beberapa pendapat mengenai asal kata wayang. Pendapat pertama mengatakan wayang berasal dari kata wayangan­ atau bayangan yaitu sumber ilham, yang maksudnya yaitu ide dalam menggambar wujud tokoh. Sedangkan pada pendapat kedua mengatakan kata wayang berasal dari Wad dan Hyang, artinya leluhur.

Dalam Kamus Bahasa Indonesia Wayang berarti sesuatu yang dimainkan ki Dalang berupa gambar pahatan dari kulit binatang, melambangkan watak-watak manusia.

Dalam Kamus Bahasa Sunda disebutkan bahwa wayang adalah boneka berbentuk manusia yang dibuat dari kulit atau kayu, dan lebih ditegaskan lagi pengertian wayang sama dengan sandiwara boneka.2

Dalam pengertian luas wayang bisa mengandung makna gambar, boneka tiruan manusia yang terbuat dari kulit, kardus, seng, mungkin kaca-serat (fibre-glass), atau bahan dwimatra lainnya, dan dari kayu pipih maupun bulat torak tiga dimensi.

B. Saran

Dengan telah dibuatnya makalah kesenian yang berjudul Seni Tari Jaipong semoga dapat bermanfaat bagi kami khususnya selaku penyusun dan para pembaca umumnya.

Disamping itu dengan adanya makalah ini semoga para pembaca dapat mengembangkan sekaligus melestarikan kesenian tradisional dan tentunya dapat menyusun makalah yang lebih baik dari makalah yang kami buat.

DAFTAR PUSTAKA


http://id.wikipedia.org/wiki/Wayang
http://aftaryan.wordpress.com/2008/03/14/pengertian-wayang/
http://www.windusara.com/info/pengertian-wayang-golek
http://ajiezaenulamry.blogspot.com/2015/08/makalah-tentang-wayang-golek-lengkap.html


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "contoh makalah bahasa sunda "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel